Kegiatan Bangkit 2021

Untuk mempersiapkan talenta digital terampil tahun 2030, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyediakan program pembinaan untuk mahasiswa. Melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), program Bangun Kualitas Manusia Indonesia (Bangkit) 2021 ditawarkan untuk mahasiswa di seluruh Indonesia.

Program ini merupakan program pembinaan 300 talenta digital terampil untuk menyiapkan sembilan juta talenta digital terampil tahun 2030. Program Bangkit menawarkan tiga pembelajaran digital yaitu machine learningmobile development, dan cloud computing.

Ditjen Dikti tidak sendirian dalam menyelenggarakan program ini. Ditje Dikti menggandeng Google, Gojek, Tokopedia, dan Traveloka untuk memberikan pelatihan digital pada mahasiswa. Nantinya, peserta akan mendapatkan pelatihan tentang ilmu teknologi digital dan soft skill. Kemampuan tersebut nantinya bisa membantu pada mahasiswa dalam mencari pekerjaan dan memimpin sebuah perusahaan.

Program ini juga bekerjasama dengan Universitas Stanford melalui program University Innovation Fellow. Peserta-peserta terbaik nantinya berkesempatan untuk mengikuti program internship dari Stanford University.

Mahasiswa yang mendaftar program Bangkit, akan berkesempatan mengikuti pelatihan selama satu semester. Mereka juga bisa mendapatkan 20 SKS dengan mengikuti program ini.

Kampus MDP sendiri mengirimkan 2 perwakilan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan Bangkit 2021 tersebut, yaitu Thingkilia Finnatia Husin dan Philip Alexander. Mereka mengikuti kegiatan tersebut mulai dari bulan Februari 2021 hingga lulus pada bulan Juli 2021.

Kami ucapkan selamat atas kelulusannya pada kegiatan Bangkit 2021, semoga dengan mengikuti kegiatan ini dapat menambah wawasan serta ilmu para mahasiswa agar dapat bersaing di dunia kerja nantinya.

Sumber 1, 2, 3

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*