Program Kreativitas Mahasiswa Tahun 2022

Sebagai upaya memandu mahasiswa menjadi pribadi yang tahu dan taat aturan; kreatif dan inovatif; objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) menyelenggarakan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2022.

Berikut Ketentuan untuk berpartisipasi dalam PKM tahun 2022 :

  1. Mahasiswa Program Diploma III; Sarjana Terapan atau Sarjana dari perguruan tinggi (Universitas, Institut, dan Sekolah Tinggi) di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdibudristek) dan terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti).
  2. Proposal disampaikan secara kelompok yang terdiri dari 3 s.d. 5 mahasiswa
  3. Seorang mahasiswa dapat bergabung pada lebih dari 2 (dua) tim pengusul tetapi hanya dapat terlibat dalam 2 (dua) judul yang didanai (sebagai ketua dan anggota, atau keduanya sebagai anggota) di semua jenis PKM. Seorang dosen pendamping dapat mendampingi maksimal 10 (sepuluh) tim pengusul yang diajukan di semua jenis PKM.
  4. Proposal diterima paling lambat tanggal 31 Maret 2022 pukul 23:59 WIB pada sistem Belmawa
  5. Pendaftaran internal Universitas Multi Data Palembang dibuka paling lambat tanggal 24 Maret 2022

Terdapat 4 macam kategori dalam PKM tahun 2022, yaitu :

  1. PKM Riset Eksakta (PKM-RE)
    Pengamatan mendalam berbasis iptek untuk mengungkap informasi baru bidang Eksakta.
    PKM-RE meliputi riset yang mengungkap hubungan sebab-akibat, aksi-reaksi, rancang bangun, eksplorasi, materi alternatif, desain produk atraktif, blue print dan sejenisnya atau identifikasi senyawa kimia aktif.
  2. PKM Riset Sosial Humanioria (PKM-RSH)
    Pengamatan mendalam berbasis iptek mengungkap informasi baru bidang Sosial Humaniora dan Seni.
    PKM-RSH meliputi riset yang mengungkap hubungan sebab-akibat, penelitian deskriptif tentang perilaku sosial, ekonomi, pendidikan, seni dan budaya masyarakat baik terkait dengan kearifan lokal maupun perilaku kontemporer.
  3. PKM Kewirausahaan (PKM-K)
    Produk iptek sebagai komoditas usaha mahasiswa.
    PKM-K bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam menghasilkan komoditas unik serta merintis kewirausahaan yang berorientasi pada profit. Unsur utama yang ditetapkan adalah tingkat intelektual dan kreativitasnya. Pelaku utama adalah mahasiswa, sementara pihak lainnya hanya sebagai faktor pendukung.
  4. PKM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-PM)
    Solusi iptek (teknologi/manajemen) bagi mitra non profit.
    PKM-PM bertujuan untuk menumbuhkan empati mahasiswa kepada persoalan yang dihadapi masyarakat melalui penerapan iptek yang menjadi solusi tepat bagi persoalan atau kebutuhan masyarakat yang tidak berorientasi pada profit.
  5. PKM Penerapan Iptek (PKM-PI)
    Solusi iptek (teknologi/ manajemen) bagi mitra profit.
    PKM-PI bertujuan untuk membuka wawasan iptek mahasiswa terhadap persoalan yang dihadapi dunia usaha (usaha mikro sampai perusahaan besar) atau masyarakat yang berorientasi pada profit. Solusi iptek yang diimplementasikan harus merupakan respon persoalan prioritas yang disampaikan calon mitra.
  6. PKM Kasra Cipta (PKM-KC)
    Karya berupa hasil konstruksi karsa yang fungsional.
    PKM-KC bertujuan membentuk kemampuan mahasiswa mengkreasikan sesuatu yang baru dan fungsional atas dasar karsa dan nalarnya. Karya cipta tersebut bisa saja belum memberikan kemanfaatan langsung bagi pihak lain. PKM-KC tidak meniru produk eksisting baik di dalam maupun luar negeri, kecuali memodifikasi prinsip dan/atau fungsinya.
  7. PKM Karya Inovatif (PKM-KI)
    Karya berupa hasil karya fungsional inovatif solutif skala penuh, berbasis iptek, siap diproduksi masal.
    PKM-KI bertujuan untuk menumbuhkan kepekaan mahasiswa terhadap problematika faktual di masyarakat atau dunia usaha, dan sekaligus mengasah kreativitas mahasiswa untuk menghasilkan karya fungsional inovatif yang solutif berbasis iptek. Luaran utama berupa produk skala penuh (skala 1:1), jadi bukan merupakan prototipe.
  8. PKM Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK)
    Isu SDGs dan isu Nasional.
    PKM-VGK bertujuan untuk memotivasi partisipasi mahasiswa dalam mengelola imajinasi, persepsi dan nalarnya, memikirkan tata kelola yang konstruktif sebagai upaya pencapaian tujuan SDGs di Indonesia maupun solusi keprihatinan bangsa Indonesia.
  9. PKM Gagasan Futuristik Tertulis (PKM-GFT)
    Karya tulis memuat ide berupa konsep perubahan di masa depan.
    PKM-GFT bertujuan untuk meningkatkan daya imajinasi mahasiswa dalam merespon tantangan zaman, umumnya berupa konsep perubahan dan/atau pengembangan dari berbagai aspek berbangsa, bersifat futuristik, jangka panjang, tetapi berpotensi untuk direalisasikan.
  10. PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI)
    Artikel ilmiah hasil kegiatan akademik mahasiswa.
    PKM-AI bertujuan untuk memberi pengalaman mahasiswa menghasilkan karya tulis ilmiah. Bidang ini merupakan program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari hasil kegiatan akademik lainnya dalam bidang pendidikan, penelitian atau pengabdian kepada masyarakat (misalnya studi kasus, praktik lapang, KKN, PKM pendanaan yang tidak lolos PIMNAS, magang, dan lain-lain) yang merupakan hasil kerja kelompok.
Bidang dan Muara PKM
Tahapan PKM Tahun 2022

Informasi lebih jelas dapat dilihat pada halaman https://simbelmawa.kemdikbud.go.id/portal/penawaran-program-kreativitas-mahasiswa-tahun-2022/

Pedoman terkait PKM tahun 2022 dapat dilihat pada halaman berikut Link

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*